Pustaka Wayang

Ensiklopedi Wayang Purwa

Posted on: November 26, 2009

Judul Buku Ensiklopedi Wayang Purwa
Pengarang R. Rio Sudibyoprono
Penerbit Balai Pustaka
Tahun 1991
Bahasa Bahasa Indonesia

Sekilas pratinjau Buku ini dapat ditemui di Google Book. Cukup banyak halaman yang ditampilkan untuk dapat dibaca pratinjaunya. Bagi yang belum bisa download pratinjau buku itu, saya coba downloadkan dan sudah saya jadikan dalam 2 file, minimal dapat memberikan gambaran keseluruhan tentang isi buku. Bagi yang berminat silahkan beli di toko buku atau secara online.

Sebagai referensi saya kutip penjelasan dari Pak Budi Adi S. di facebook.

Ensiklopedi Wayang Purwa karangan R. Rio Sudibyoprono.

(pertama diunggah 11 Juni 2009 : Budi Adi Soewirjo)

Saat ini di samping enam jilid Ensiklopedi Wayang terbitan Senawangi tahun 1999, ada satu ensiklopedi lain yang komplit yaitu :
(saya kutip dari buku “Kepustakaan Wayang Purwa (Jawa) karangan Budi Adi Soewirjo) :

Ensiklopedi Wayang Purwa. Didasarkan pada naskah “Biografi Wayang Purwa” oleh R. Rio Sudibyoprono, disusun kembali oleh : Drs. Suwandono, Dhanisworo BA, Mujiyono SH ; terbitan Balai Pustaka ( http://www.facebook.com/note.php?note_id=79390714020 )tahun 1991, ISBN 979-407-341-5.

Ensiklopedi ini menguraikan tokoh wayang (para dewa, tokoh cerita Mahabarata dan Ramayana), maupun uraian tentang nama negara, senjata, ajian. Banyak terdapat catatan menurut versi pedalangan. Ensiklopedi ini disusun menurut abjad nama. Photo wayang dalam buku ini sangat sedikit.

Uraian tentang tiap tokoh wayang mencakup antara lain : nama lain tokoh tersebut (dasa nama, Jawa), silsilah dan keluarga, tempat tinggal, watak dan kepribadian, kesaktian / senjata / ajian yang dimiliki, peranannya dalam berbagai lakon (kebanyakan lakon tersebut diceritakan secara ringkas), macam “wanda” wayang kulit tokoh tersebut.

Dalam kata sambutan, Suwandono sebagai pemimpin team penyusunan menjelaskan bahwa buku “Ensiklopedi Wayang Purwa” ini diterbitkan oleh Proyek Pembinaan Kesenian Jakarta melengkapi buku “Biografi Wayang Purwa” berejaan lama yang pernah diterbitkan oleh Direktorat Kesenian.
[Catatan : dari Daftar Kepustakaan buku “Wayang dan Senawangi jilid I : Wayang Purwa” karangan Pandam Guritno (1985 = cet.?) halaman 437 didapat data bahwa buku”Biografi Wayang Purwa” diterbitkan tahun 1972 sedangkan buku “Ensiklopedi Wayang Purwa I (Compendium) diterbitkan tahun 1979] [Tahun 1991 buku “Ensiklopedi Wayang Purwa” ini diterbitkan kembali oleh penerbit Balai Pustaka].

Untuk mengetahui kepustakaan acuan yang dipakai menyusun eksiklopedi ini, di bawah ini dikutip lengkap keterangan di dalam ensiklopedi tersebut mengenai Dasar Gubahan :

“ Perihal wayang purwa telah banyak dipaparkan di dalam berbagai kitab yang mempunyai persamaan dan perbedaannya.

Isi dan gubahan serta susunan gubahan di dalam buku : Ensiklopedi Wayang Purwa (Compendium) ini, disandarkan pada alas pegangan yang terdapat di dalam pewayangan, pakeliran dan pedalangan, yang pada hakekatnya berpijak pada : “Serat Purwacarita”.

Dan sebagai bahan kelengkapan yang penting, di sana sini didampingi pula dengan beberapa nukilan dari kitab-kitab lain yang dikenal oleh masyarakat luas, yaitu :
1. Kitab Mahabarata.
2. Kitab Ramayana atau Serat Rama.
3. Serat Kanda.
4. Serat Paramayoga.
5. Serat Pustaka Raja Purwa dan
6. Serat Purwakanda.

Tetapi, apabila di dalamnya terdapat hal-hal yang keluar dari garis pokok kitab-kitab yang disebutkan di atas, hal tersebut adalah sudah merupakan kelaziman bagi masyarakat luas yang telah mengenal atau memiliki cerita-cerita / lakon-lakon wayang sebagai gubahan kreatif para dalang dan masyarakat sendiri, serta telah menjadi kisah-kisah yang hidup dan berkembang, digemari dan telah mendarah-daging bagi bangsa Indonesia. “

(akhir 11 Juni 2009)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 508,353 hits

Categories

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 48 other followers

Halaman dilihat :

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 48 other followers

%d bloggers like this: