Pustaka Wayang

Anak Bajang Menggiring Angin – Sindhunata.

Posted on: December 31, 2009

 

Sindhunata, (ilustrator isi) Hajar Satoto ; ” Anak Bajang Menggiring Angin “ ; Jakarta ; Gramedia Pustaka Utama ; Februari 2007 = cetakan kedelapan ; 363 halaman ; ISBN 979686147X, 9789796861477 ; gambar wayang ; bahasa Indonesia.

Catatan cetakan :
Cetakan pertama = Oktober 1983 , cetakan keenam = Februari 2001 , cetakan ketujuh = Mei 2003 , cetakan kedelapan = Februari 2007.

Kisah dalam buku ini pernah dimuat sebagai serial Ramayana dalam harian Kompas, setiap hari Mingggu, selama tahun 1981. Dengan beberapa perbaikan dan tambahan, serial Ramayana ini diterbitkan dalam bentuk buku ini.

[ sisipan 06 Des 2009 ]

Anak bajang
menggiring angin
naik kuda sapi liar
ke padang bunga
menggembalakan kerbau raksasa
lidi jantan sebatang
disapukan ke jagad raya
dikurasnya samudra
dengan tempurung bocor
di tangan nya

dst …..

gelap pun gulita
dengan empat nafsu cahaya
anak bajang menyalakan dian
teja darpasura
bumi bergoncang
dahana menyala
jaladri pecah
prahara melimbah-limbah

dst …..

Catatan di sampul belakang :

Tak banyak karya sastra di Indonesia yang dicetak ulang beberapa kali seperti buku Anak Bajang Menggiring Angin ini. Banyak pembacanya mengaku telah menemukan pegangan yang menguatkan dan mencerahnkan hidupnya. Beberapa potongan kisahnya telah memberikan inspirasi bagi lahirnya sejumlah karya seni tari dan teater. Di banyak SMU, buku ini dipakai sebagai bahan pelajaran sastra.

Berangkat dari kisah Ramayana, buku ini telah menjadi karya sastra yang aktual untuk kehidupan masa kini. Dalam buku ini terkandung pelbagai khazanah kekayaan tentang cinta sejati, tentang pergulatan manusia menghadapi penderitaan, kesendirian, dan kesunyiannya, tentang kesia-siaan kekuasaan, dan tentang kemenangan autentisitas manusia di tengah segala kepalsuan hidup. Bagi sementara pengamat sastra, kisah buku ini merepresentasikan perlawanan mereka yang lemah dan tak berdaya menghadapi absurditas nasib dan kekuasaan.

Banyak pengamat mengatakan, kekuatan Anak Bajang Menggiring Angin ini terletak dalam bahasanya yang sangat indah, lebih-lebih dalam corak liriknya yang puitis dan ritmis. Perjalanan buku ini sendiri telah menjadikannya sebuah karya sastra yang klasik.

Penerbit
PT Gramedia Pustaka Utama,
Jl. Palmerah Barat 33 – 37, Lt 2 – 3,
Jakarta 10270

http://www.gramedia.com

[ akhir sisipan 06 Des 2009 ]

 

Pratinjau terbatas di Google Books :
http://books.google.co.id/books?id=3ezRW6H4tE0C&printsec=frontcover&dq=anak+bajang+menggiring+angin&lr=#v=onepage&q=&f=false

 

3 Responses to "Anak Bajang Menggiring Angin – Sindhunata."

Buta Bajang nggiring angin adalah renungan peradaban yang tinggi. Jika manusia banyak menyadari tentang kehidupanya yang palsu, ia mesthi malu.

[…] adalah penulis karya sastra cerita wayang “ Anak Bajang Menggiring Angin “ terbitan Gramedi Pustaka Utama Jakarta. Karya ini adalah suatu lakon wayang era Arjunasasrabahu, […]

buku ini memang sangat istimewa. sebuah karya sastra yang sekaligus filosofis, sangat inspiratif, kental dengan tutur kehidupan. kehalusan budi manusia. mengurai makna cinta sejati yang dikemas dalam bahasa yang apik, menarik dan selalu ingin membaca sekalipun buku ini sudah 5X katam kubaca.

Leave a comment

Blog Stats

  • 869,025 hits

Categories

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 64 other subscribers

Halaman dilihat :